SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG RAILFANS DAOP 9 JEMBER

Rabu, 10 Agustus 2011

Lokomotif CC20145 yang Misterius

Sejak pertama dibeli CC20145 sudah dicap sebagai lok bermasalah. Maksudnya adalah: walaupun hasil tes menunjukkan tidak ada problem, namun sering mengalami kecelakaan atau gangguan tanpa bisa dijelaskan. CC20145 semula ditugaskan menarik rangkaian ke arah timur. Saat menarik Bima tiba-tiba mengalami tabrakan. Sesuai prosedur, setelah diperbaiki di Balai Yasa Pengok, CC20145 diuji statis untuk memeriksa kelengkapannya. Setelah semuanya beres, lok diuji dinamis di jalur
 tes di depan komplek Balai Yasa. Saat dipacu dengan kecepatan tinggi, mendadak rem gagal berfungsi, sehingga lok melaju terus dan menghantam dinding beton pembatas jalur tes. Sekali lagi CC20145 mengalami kerusakan dan harus diperbaiki.

Merasa bingung dengan CC20145, teknisi Balai Yasa yaitu Bp. Panut dan Bp. Suroso merasa perlu memanggil tenaga ahli GE langsung dari Amerika. Saat sedang memeriksa CC20145, tenaga ahli GE itu bercerita bahwa saat proses pembuatan lok ini memang sudah bermasalah karena banyak terjadi kecelakaan kerja. Akhirnya diputuskan CC20145 harus diperbaiki secara spiritual. Sesuai adat orang Jawa, para teknisi Balai Yasa Pengok sepakat meruwat lok ini untuk membuang sial. Caranya dengan mengadakan selamatan dan memasang sepasang tapal kuda bekas di CC20145. Lalu memberikan beberapa gram emas dan menyepuh bagian samping bawah lok dengan lapisan nikel sehingga terlihat mengkilat.

Anehnya setelah ritual ini CC20145 tidak pernah mengalami kecelakaan lagi. Sepertinya ruwatan yang dilakukan oleh teknisi Balai Yasa berhasil menghilangkan nasib sial lok ini. Sekarang CC20145 ditempatkan di dipo lokomotif Yogyakarta, dan dengan mudah dikenali lewat ciri khasnya sebagai lok dengan sisi yang dilapisi besi mengkilat.
Sumber: www.rizkyoktaf.blogspot.com

Selasa, 02 Agustus 2011

Selamat Datang KA Sancaka Timur

Kemarin saya sewaktu melihat KAIS milik dirjen perkeretaapian, bertemu dengan EVP DAOP 9 Jember, Warsisto Wibowo, beliau mengatakan akan launching KA SANCAKA TIMUR pada lebaran nanti

diperkirakan KA Sancaka Timur akan diberangkatkan dari stasiun Banyuwangi Baru pada pukul 08.00 WIB

rangkaian KA Sancaka Timur adalah 1 buah rangkaian mutiara timur milik banyuwangi yang berangkat pukul 09.00 dari Banyuwangi Baru, dan rangkaian KA Sancaka yang berangkat pada pukul 16.00 dari Jogjakarta.

KA Mutiara timur tidak dihapus, dan tidak mengurangi okupansi KA manapun, tujuannya untuk menghubungkan kota wisata Jogjakarta dan denpasar hanya dengan satu tiket.

Hasil introgasi Penumpang asal luar negri (Bule) untuk menanyakan kekurangan dan kelebihan KA Mutim selengkapnya

(23-Jun-2011 07:57 PM)cc 204 18 Wrote:  Ini ada cerita sedikit dari para bule tentang muttim ( maaf kalu nanti agak OOT, ini cerita waktu saya duduk bersebelahan dengan bule ). Bule tersebut hendak pergi ke Bali. Dia sendiri sudah sering naik muttim. Dia punya tanggapan positif n negatif tentag muttim ( Sekalilagi mohon maaf, kalau ada kata2 yg tidk berkenan di hati para RFNew_mawar )
Tanggapan :
- Pemandangan yang dilalui muttim katanya masih alami ( Sudah jelas lah )
- Dia suka dengan makanan yang disajikan di muttim ( khas Indonesia katanya )
- Bule ini juga berharap nama Muttim "diinternasionalisasikan" katanya supaya lebih terkenal dikalangan WNA ( berarti namanya jadi East Pearl New_bingung)
- Dia mengeluh karn seringnya muttim terlambat

Sekian cerita bule tentang muttim

saya kurang setuju ama tuh bule
KA Muttim sangat jarang mengalami kelambatan. .kalo toh perjalanannya lama, ,itu disebabkan rendahnya taspat yg ada dan jadwal juga sudah disesuaikan
jadi bukan terlambat. .tapi memang waktu tempuhnya lama

Seputar Gerbong K1 EKSA RETROFIT

Ada yang baru nih perkembangan dari DAOP IX JR dari KA 88 dan 87 Mutiara Timur yaitu dengan K1 yang eksteriornya khas banget dari yang lainnya dengan nama EKSA RETROFIT, mengapa dinamakan demikian! Karena K1 ini memiliki corak seperti Eksa yaitu garis stripingnya yang lurus berwarna putih dan kuning, tetapi Eksa yang lainnya warna tersebut malah kebalik yaitu kuning dan putih, dan dinamakan Retrofit dilihat dari jendela kaca K1 tersebut seperti K1 Turangga kan. Nih fotonya pada saat K1 Eksa Retrofit KA 88 stand by di BW:

Seputar PLAT ALAY

Apakah yang dimaksud anak-anak RF plat alay??
Plat alay adalah plat pada lokomotif yang di model baru atas suruhan menteri perhubungan baru kita, plat alay itu ciri-ciri nya banyak tulisan angkanya. Contoh CC2019201 (CC20191) yag sekarang milik DAOP IX JR yang diberi dari DIPO SDT.. CC201 artinya jenis tipe lokomotif, 92 artinya adalah tahun peluncuran lokomotif itu thn 1992. dan 01 artinya Lokomotif itu adalah lokomotif pengeluaran pertama pada thn 1992.. Nah gitu yang dimaksud plat alay, plat alay = plat layangan karena bentuknya yang tipis sperti layangan. Hehehe. Nih gambar contohnya:
Plat alay with me CC2019201 alias CC20191 DIPO INDUK JR (lokomotif kebanggaan anak-anak RF DAOP IX)

Postingan baru upload sekarang tpi sdh terjadi dlu...

 INi adalah berita lama sudah sekitar 1 bulan yg lalu, beritanya lokomotif CC20419 ini telah memiliki ijin utk menjadi lokomotif berdipo SDT, selamat ya utk SDT.. Dan dipo SDT saat ini telah memiliki lok berjenis CC204 V2 alias hidung miring  dengan mesin GE-E20EMP ini telah memiliki 7 Lokomotif CC204 V2 yaitu sebagai berikut:

 1. CC20418 (CC2041001) adalah lokomotif DIPO SDT yang sering di pakai dinas KA 88 dan 87 Mutiara timur, diperkirakan oleh anak2 RF DAOP IX lokomotif CC20418 ini akan di mutasi ke DIPO INDUK JR pada tahun 2012 (Stelah kluar KA sancaka timur)











 2. CC20419 (CC2041002)  lokomotif ini juga sering narik mutiara timur, lokomotif ini sudah diberi tanda DIPO INDUK SDT sedangkan lokomotif CC204 V2 yang lainnya msih belum diberi tanda DIPO INDUK SDT kecuali CC20421. Kalau menurut saya lokomotif CC20419 adalah lokomotif yang paling khas dengan S35...
3. CC20420 (CC2041003)


4. CC20421 (CC2041004)
5. CC20423 (CC2041101) Lokomotif ini adalah lokomotif CC204 V2 yang dikeluarkan paling pertama pada edisi thn 2011
6. CC20424 (CC2041102)



7. CC20426 (CC2041104) Ini adalah lokomotif terakhir atau paling muda dari lokomotif DIPO SDT
Nb: Maaf tidak ada foto karena masih belum punya.. ^^